Minggu, 14 Mei 2017

Labuan Cermin : Pesona Danau 2 Rasa di Pesisir Timur Kalimantan

Labuan cermin merupakan nama danau yang terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini terkenal karena keunikannya, yakni memiliki 2 rasa air yang pertama ada air tawar pada permukaan dan air asin pada bagian bawahnya. Dan uniknya lagi, kedua jenis air ini tidak bercampur sama sekali. Wow... unik ya?
Selain keunikannya, danau ini juga terkenal karena airnya yang jernih. Warna biru kehijauan yang menghiasi danau ini, membuat dasar danau terlihat jelas, termasuk biota air di dalamnya seperti karang dan beragam jenis ikan. Biota air tersebut dapat dinikmati dengan mata telanjang. Yang perlu kalian ketahui lagi, danau Labuan Cermin memiliki diameter ± 100 m dengan kedalaman mencapai 4 - 5 meter.
Jalur menuju Labuan Cermin tidaklah sulit. Jika kamu berangkat dari daerah Kalimantan, bisa menggunakan kendaraan darat seperti mobil dan motor. Jika berangkat dari luar Kalimantan, dapat  menggunakan pesawat dengan tujuaan pendaratan di Bandara Kalimarau, Berau. Jika kondisi jalan kering, dari bandaara dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama 7 jam. Tetapi dari Berau tidak terdapat angkutan reguler, sehingga untuk mencapai lokasi harus menyewa mobil dengan harga Rp 800.000,- untuk sekali jalan.

Untuk mencapai sumber Danau Labuan Cermin, masih harus menggunakan perahu motor dari pelabuhan tradisional. Harga sewa perahu motor dengan kapasitas 10 orang yaitu Rp 100.000,- untuk antar jemput. Untuk samapi ke lokasi membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Ketika berada di sumber danau pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti berenang dan menyelam.

Di dermaga tempat penyebrangan terdapat toko penyewaan alat berenang dan alat menyelam. Terdapat tempat penyewaan perahu air yang memiliki kaca transparan di bawahnya. Jika merencanakan berlibur lebih lama, warga sekitar menyediakan penginapan dengan tarif sebesar Rp 50.000,- hingga Rp 150.000,- per malam. Di kawasan ini belum dilengkapi fasilitas penunjang seperti pemandu wisata, tempat istirahat, toilet dan mesin ATM.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support