Senin, 10 Juli 2017

Pantai Jogan Yogyakarta, Perpaduan Pantai dan Air Terjun


Siapa yang tidak terpesona dengan keindahan pantai Jogan, selain dikenal dengan keindahannya, ternyata pantai ini juga menyimpan keunikan yang jarang dimiliki oleh pantai lain, yaitu adanya air terjun di bibir laut. Keindahan dan keunikan ini dapat anda jumpai di Pantai Jogan, Gunung Kidul Yogyakarta. Diapit oleh banyaknya tebing-tebing tinggi pegunungan kapur, pantai ini bak surga yang menjadi pusat perpaduan air sungai yang mengalir turun gunung menemui ombak yang menggulung. Dari berbagai pantai yang berserak di sepanjang 71 kilometer pesisir GunungKidul, pantai jogan ini dianggap paling istimewa karena adanya air terjun yang turun langsung dari atas tebing menuju bibir laut.

Untuk dapat sampai di pantai ini, perlu waktu sekitar 2 jam berkendara dari Joga menyusuri jalanan yang terbilang mulus, berkelok-kelok membelah  perbukitan Karst yang merupakan sisa lautan jutaan tahun lalu.  Dari pos retribusi pantai Siung, akan terlihat papan kayu penunjuk arah menuju jogan, penanda pantai jogan sudah tak jauh lagi.

Untuk menikmati guyuran air dari atas tebing, maka kita harus turun ke bawah. Untung saja ada kayu-kayu pegangan sebagai penopang keseimbangan, meskipun begitu tetap saja kita wajib berhati-hati karena medan yang cukup curam. Setelah melewati bebatuan yang licin, kita juga akan melewati karang yang dihuni oleh ribuan kepiting kecil, tentu saja melewatinya dengan tanpa alas kaki bukan perkara yang mudah, terkadang penduduk sekitar mengambil kepiting kecil itu untuk diolah menjadi lauk. Bila beruntung pengunjung juga akan melihat ratusan kupu-kupu nan indah di berbagai bebatuan kering sekitar pantai.


Nah jika sudah sampai maka langit akan terlihat seakan berwarna ungu berbaur senja, suara air terjun memekakkan telinga, begitu terdengar jelas seperti air yang sedang deras mengalir.  Silakan nikmati keindahan dan kesegaran yang akan kalian rasakan di pantai Jogan ini, laksana oase di luasnya hamparan pasir putih GunungKidul. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support