Selasa, 11 Juli 2017

Masjid Al-Irsyad Padalarang Bandung : Masjid Minimalis Bergaya Futuristik

al irsyad_1
http://www.infobdg.com/v2/futuristik-artistiknya-masjid-al-irsyad-bandung-dikenal-dan-menjadi-kebanggaan/


Jika kamu tengah berada di kota Bandung, jangan lupa bertandang ke Masjid Al-Irsyad di Padalarang, Bandung Barat. Gaya masjid ini terbilang futuristik, sangat berbeda dengan masjid pada umumnya yang sering menggunakan kubah.

Masjid yang berbentuk kubus tanpa kubah ini terinspirasi dari bentuk Ka’bah. Susunan bata teratur dengan warna dasar abu-abu lembut semakin menampakkan kesan minimalis. Dari kejauhan, kamu bisa tahu jika susunan batu bata ini membentuk lafaz syahadat yang merupakan rukun Islam pertama. Selain menambah estetika, susunan lafaz syahadat juga berfungsi sebagai ventilasi udara alami. Sehingga bagian dalam masjid tetap sejuk meskipun tanpa AC. Selain itu, ventilasi ini juga menjadi jalan masuk bagi sinar matahari. Alhasil pada siang hari masjid tidak membutuhkan lampu penerangan. Benar-benar bangunan hemat energy bukan? Selanjutnya, ketika malam tiba, cahaya ke 99 lampu di dalam masjid, akan menerobos celah ventilasi, dan membentuk lafaz syahadat yang bersinar.

Kawasan masjid seluas 1 hektar ini dapat menampung 1500 jamaah. Saat kamu masuk ke bangunan utama masjid, suasana terasa begitu lapang karena tidak terdapat pilar seperti masjid pada umumnya. Tidak banyak ornamen di dalamnya. Lampu penerangan di dalam masjid ini berjumlah 99 buah yang melambangkan jumlah nama-nama suci Allah atau yang disebut dengan Asmaul Husna. Bagian mimbar masjid tidak ditutupi dinding,, sehingga kamu bisa langsung melihat ke arah bukit dan pepohonan yang hijau serta bangunan sekolah Al Irsyad di kejauhan. Tepat di dekat mimbar dan ke arah dinding hingga keluar bangunan, terdapat kolam yang menambah kesejukan suasana masjid. Selanjutnya, pada kolam persis pada pandangan jemaah keluar terdapat konstruksi seperti bola batu dengan diameter sekitar 1 sampai 1,5 meter. Bagian dalam bola batu tersebut berrongga, membentuk lafaz Allah.


Desain inovativ ini dibuat oleh Ridwan Kamil yang merupakan walikota Bandung. Tak tanggung-tanggung,bangunan ini telah memperoleh penghargaan The Best 5 World Building of The Year 2011, kategori bangunan religi. Predikat ini diberikan oleh Archdaily & Green Leadership Award tahun 2011 dari BCI Asia.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support