Rabu, 21 Juni 2017

Tempat Ini Bisa Membuatmu Mendengar Suara Organ Tubuhmu Sendiri

Dikutip dari Merdeka.com, Bagi anda yang percaya diam itu emas, silahkan berpikir ulang. Karena bila berada di ruangan tersunyi di dunia ini, bukan emas yang didapat, melainkan halusinasi.
Laboratoium suara Orfield di Minneapolis, Amerika Serikat memiliki studio khusus yang mampu menghilangkan 99,9 persen suara. Lembaga rekor dunia Guinness telah melabelinya tempat paling sunyi sedunia, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Rabu (4/4). 
Direktur laboratorium Steven Orfield menyatakan kondisi tanpa suara bisa tercipta melalui proses anechoic, pengilangan potensi pantulan suara. Studio itu dibangun dengan dinding dua lapis setebal satu meter yang terbuat dari fiberglass. Tidak ada suara yang terpantul, sehingga biasanya orang bisa jelas sekali mendengarkan detak jantunya. 
Orfield menyatakan ketiadaan suara bakal membuat orang tidak mampu bergerak. "Bila anda kehilangan suara, tak sampai setengah jam anda bakal kesulitan berdiri dan membutuhkan kursi di ruangan itu," ujar dia. 
Biasanya, setelah sepuluh menit, manusia normal bakal mengalami halusinasi karena tidak tahan mendengar suara dari organ tubuhnya sendiri.
Studio anechoic itu tidak dibikin sekadar buat main-main. Pelbagai lembaga dan perusahaan audio seantero dunia menyewanya buat melakukan penelitian uji suara, termasuk lembaga antariksa Amerika NASA. 
Para astronot kerap dikirim buat masuk ke ruangan itu supaya terbiasa dengan kondisi luar angkasa. Maklum saja, di atas bumi, tentu tidak ada suara sedikit pun.
Orfield sedikit menantang pihak-pihak yang merasa mampu sendiri tanpa suara. Sejak berdiri pada 2005, rekor terlama manusia berada di ruangan itu dipegang seorang jurnalis Amerika yang bisa bertahan 45 menit.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support