Rabu, 21 Juni 2017

Simpang Lima Kota Semarang

Simpang Lima Kota Semarang

Simpang lima merupakan salah satu tempat ciri khas kota Semarang. Tempat ini merupakan alun-alun yang berada di tengah persimpangan Jl. Pandanaran di sebelah barat, Jl. A. Yani di sebelah timur, Jl. Gajahmada dan Jl. Pahlawan di sebelah timur, dan disebelah timur laut Jl.KH. Ahmad Dahlan.






Kemudahan akses serta banyaknya hotel dan tempat kuliner di kawasan tersebut membuat Simpang lima menjadi pusat keramaian di kota Semarang.
Menurut sejarah berkembangnya fungsi Simpang lima menjadi alun-alun merupakan saran Presiden pertama Republik Indonesia yang menyarankan pengadaan alun-alun di Semarang sebagai ganti dari Kanjengan. Simpang lima merupakan salah satu landmark kota Semarang. Terdapat lapangan besar yang disebut juga dengan Lapangan Pancasila.
Lhat juga : masjid agung jawa tengah

Alun-alun yang dimiliki Semarang sejak masa pemerintahan Adipati Semarang yang pertama itu telah berubah fungsi menjadi pusat perbelanjaan. Sedangkan keberadaan lapangan Pancasila berfungsi sebagai tempat upacara pada hari-hari besar.







Bukan hanya itu Simpang lima juga sering menjadi tempat berlangsungnya pertunjukan musik maupun seni budaya, tempat rekreasi, bahkan sebagai pasar tiban pada waktu-waktu tertentu. Berbagai jenis makanan baik makanan berat maupun makanan ringan dijual dengan gaya lesehan mengambil tempat sekitar trotoar dan sekeliling alun-alun.

Keramaian Simpang lima ini bisa anda temui pada hari sabtu sore atau malam minggu, serta hari minggu pagi dimana banyak orang yang menghabiskan waktu untuk week end bersama keluarga maupun dengan pacar. Sementara itu souvenir, alat sekolah sampai alat rumah tangga, sandal sampai hiasan rambut, juga dijual area Simpang lima ini.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support