Jumat, 28 April 2017

Wisata Indonesia Kudus : Destinasi Wisata Religi "Makam Sunan Kudus"

Kabupaten Kudus merupakan salah satu kabupaten yang ada di propinsi Jawa Tengah. Kudus terletak di jalur pantai timur laut Jawa Tengah antara kota Semarang dan kota Surabaya.

Kudus dikenal sebagai kota kretek karena Kudus merupakan kota penghasil rokok terbesar di Jawa Tengah. Kudus juga dikenal sebagai kota santri. Kudus menjadi pusat perkembangan Islam pada abad pertengahan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya tiga makam sunan/wali yakni Sunan Kudus, Sunan Muria dan Sunan Kedu.



Edisi pesdu kali ini akan membahas mengenai wisata religi yang ada di Kudus, salah satunya adalah makam sunan kudus. Sunan kudus merupakan salah satu dari wali/sunan yang terkenal dengan nama Wali Songo. Sejatinya, sunan kudus bukanlah penduduk asli kudus. Beliau lahir di Al-Quds Palestina. Bersama ayah, kakek dan kerabatnya beliau hijrah ke tanah jawa.

Masjid Menara Kudus

Sunan kudus melakukan pendekatan kultural dalam menyebarkan ajaran islam di jawa khususnya Kudus. Hal ini terlihat jelas dengan dibangunnya Menara Kudus. Sunan kudus terkenal sebagai seorang wali yang toleran, ahli ilmu, seniman dan berkharismatik.

Beliau wafat di tahun 1550 masehi atau 958 hijriyah dan kemudian beliau dimakamkan di samping masjid menara kudus yaitu di desa Kauman Kecamatan kota Kabupaten Kudus. Hingga sekarang, makam beliau taak pernah sepi dari para peziarah yang datang dari berbagai daerah.

Pada bulan Suro (Muharram) terdapat beberapa acara yang ada di area makam sunan kudus. Salah satunya upacara buka luwur, pembuatan serta pembagian nasi bungkus yang hanya ada di bulan tersebut.

Tradisi Suronan

Selain di bulan Muharram, bulan suci Ramadhan juga terdapat tradisi dandangan. Pada bulan ini, anda harus memarkir kendaraan agak jauh dari area makam karena saking padatnya peziarah. Sehingga anda harus rela berjalan jauh untuk sampai ke lokasi makam.

Untuk memasuki makam sunan kudus, anda harus melewati sebuah pintu yang terkenal sebagai lawang kembar atau dalam bahasa indonesia berarti pintu kembar yang menurut penduduk setempat terdapat mitos tersendiri mengenai pintu tersebut.

Untuk mengabadikan momen bahwa anda pernah berkunjung ke makam sunan kudus, anda dapat mengambil foto bersama rombongan anda di depan kompleks area. Anda juga bisa menyewa jasa tukang foto yang ada di area tersebut. Jika anda ingin membawa oleh-oleh kepada kelurga yang ada di rumah, tak perlu khawatir. Karena banyak toko yang menjual souvenir dan oleh-oleh khas Kudus di area makam sunan kudus.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support