Kamis, 11 Januari 2018

Wisata Indonesia Malang : Coban Sewu

Wow...! ternyata di Indonesia ada air terjun seperti air terjun Niagara yang ada di perbatasan AS dan Kanada. Air terjun di Indonesia ini juga berada di perbatasan dua kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Malang dan Lumajang. Air terjun tersebut bernama Coban Sewu. Coban artinya air terjun dan Sewu artinya seribu.



Coban sewu terletak di Desa Sidorenggo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Sedangkan di Kabupaten Lumajang berda di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo. Coban sewu membentang membentuk setengah lingkaran dengan jarak sekitar 500 meter. Dan memiliki banyak aliran air di sepanjang tebing. Dan juga ada sebuah sungai yang menjadi jalur utama lahar dingin yang mengalir dari Gunung Semeru.

Bagi anda yang berminat dengan keindahan alam dari air terjun, maka anda harus menyiapkan energi untuk bisa sampai ke Coban Sewu. Anda bisa masuk dari Lumajang atau dari Malang. Tiket di masing-masing tempat masuk dijual dengan harga yang sama yakni sebesar Rp 5000,-
Bagi anda yang membawa motor, maka anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5000,- dan jika anda membawa mobil anda harus membayar sebesar Rp 10.000,- untuk biaya parkirnya.

Jika anda datang dari Malang, anda bisa turun langsung ke bawah air terjun tanpa harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli tiket. Tapi jika anda datang dari Lumajang, anda harus membeli tiket lagi di pos perbatasan kabupaten Malang sebesar Rp 5000,-

Tempat yang tepat melihat Coban Sewu yang ada di Lumajang disebut Panorama. Anda dapat melihat keseluruhan air terjun dari ketinggian yang sempurna di tempat tersebut. Jika anda ingin ke Panorama anda harus menempuh jarak sekitar 300 meter dari lokasi parkir.

Anda bisa saja berhenti di panorama hanya sekedar melihat Coba Sewu sembari mendengarkan suara gemericik air. Selain berjalan menapaki anak tangga yang terbuat dari bambu dan kayu, nantinya anda akan melewati aliran air terjun yang mengalir di bebatuan tebing.

Perjalanan dari panorama menuju ke bawah Coban Sewu dapat ditempuh dalam keadaan santai sekitar 45 menit dengan jarak tempuh sekitar 1 kilometer.
Untuk sekarang, panorama hanya ada di Lumajang. Sedangkan di Malang belum ada lokasi seperti panorama yang ada di Lumajang. Jalur turun menuju Coban Sewu tidak jauh berbeda dengan Lumajang. Namun jarak tempuh tidak terlalu lama yakni sekitar 30 menit jika dalam keadaan santai.

Sudah siapkah anda berpetualang ke Niagara-nya Indonesia??? :v
Siapkan tenaga dan bekal makanan minuman anda ya... Jika lupa membawa bekal anda juga bisa membeli di toko yang ada di pintu masuk menuju Coban Sewu. Happy Vacation.... :-)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support