Minggu, 01 Oktober 2017

Pesona Vihara Saddhagiri

Tahu gak sih? Ternyata di Pati ada obyek wisata religi bagi umat Buddha lho...
Yups. Vihara Saddhagiri namanya. Terletak di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal.

Vihara Saddhagiri memiliki pesona baik dari arsitektur bangunannya maupun pemandangan disekitarnya. Bangunannya terkesan mewah dan berada di dataran tinggi. Ternyata dalam pemilihan letak pembangunanya di dataran tinggi ada filosofinya lho...
Mereka mempercayai bahwa dengan dibangunnya Vihara di dataran tinggi akan membuat dekat dengan para dewa dengan suasana kosmos langit yang mudah dijangkau. Sehingga doa-doa yang telah dipanjatkan akan cepat dikabulkan.

Pada hari raya Waisak, Vihara Saddhagiri menjadi tempat bagi warga setempat untuk menunaikan ibadah. Umat Budha di desa tersebut memutari kuil 3 kali sebagai ritual ibadah dan diakhiri dengan menyalakan hio (baca: Dupa) di altar pohon Bodhi dan selanjutnya para jemaah melakukan meditasi di dalam vihara.

Selain melakukan ritual di atas, terdapat juga suatu tradisi yang selalu dilakukan yakni tradisi sungkeman di mana yang muda bersalaman sembari mencium tangan yang tua. Hal ini dimaksudkan sebagai simbol penghormatan kepada orang tua. Dan tradisi sungkeman ini juga dilakukan di dalam Vihara.

Bagi kalian yang tertarik berkunjung kesini tentu kalian akan bertanya mengenai fasilitas apa saja sih yang tersedia di sana? Oke, jika kalian memang tertarik, author bakal ngasih tahu nih, fasilitas yang ada di sana.
Pertama, area Parkir kendaraan.
Kedua, Musholla. wah... toleran sekali ya...
Ketiga, Kamar Mandi atau MCK (Mandi, Cuci, Kakus)
Keempat, jika kalian berniat menginap, tenang saja. Di sekitar Vihara Saddhagiri terdapat penginapan yang memang diperuntukkan bagi wisatawan yang asalnya jauh dari Pati.
Dan tentunya masih banyak lagi fasilitas yang bisa kalian nikmati di sana.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support