Jumat, 09 Juni 2017

Gumuk Pasir Parangkusumo : Padang Pasir di Yogyakarta

hmmm Yogyakarta sebagai daerah istimewa menjadikan Yogyakarta memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yakni Gumuk Pasir Parangkusumo yang berada di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Awalnya warga setempat tidak begitu memperdulikan fenomena ini. Hingga pada suatu saat Fakultas Geografis Universitas Gajah Mada seringkali mendapatkan tamu dari luar negeri untuk melihat daerah tersebut. Dan barulah warga setempat sadar bahwa tempat tersebut adalah salah satu dari harta karun kota Yogyakarta. Kenapa dinamakan Gumuk Pasir Paragkusumo? Gumuk merupakan kata yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti Gundukan atau tumpukan. Jadi Gumuk Pasir berarti tumpukan atau gundukan pasir.


Gumuk pasir memiliki suhu cukup ekstrim. Pada siang hari suhu sangat panas dan terik tapi saat malam hari suhu berubah menjadi sangat dingin. Pasir yang ada di sini memiliki karakteristik yang sama seperti gurun pasir pada umumnya. Dan di sini kita juga bisa bermain sandboarding (ski pasir).

Gumuk Pasir juga menjadi objek yang menarik bagi para fotografer. Banyak pasangan yang mengambil foto prewedding di sini. Dan perlu kamu ketahui juga Gumuk Pasir juga sering digunakan sebagai tempat syuting film atau video klip. Selain itu, tempat ini juga digunakan para calon jamaah haji untuk manasik haji sebagai latihan para jamaah untuk beradaptasi dengan keadaan di Mekah.

Untuk bisa masuk ke Gumuk Pasir kamu cukup membayar tiket seharga Rp 5.000,- per orang. Dan untuk bisa menikmati serunya sandboarding adnda harus menyewa papan seluncurnya dengan harga Rp 70.000,- sampai dengan Rp 200.000,-

Apakah anda tertarik? Ayo masukkan Gumuk Pasir Parangkusumo ke dalam list liburanmu ^^.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support