Senin, 01 Mei 2017

Pantai Gua China Malang


Malang merupakan salah satu tempat yang menyimpan banyak pesona wisata, khususnya beberapa pantai yang jarang terekspos. Wisata pantai di kota ini tersebar di wilayah bagian selatan. Objek pantainya tidak kalah indah dengan pantai-pantai di Bali. Salah satu pantai yang menyimpan keindahan adalah pantai Gua China. Lokasi pantai ini dekat dengan Pantai Sendang Biru.

Pantai Gua China ini menyimpan cerita sejarah yang unik. Menurut cerita dari masyarakat setempat, ada sebuah gua di bukit pinggir pantai yang digunakan oleh seseorang dari China untuk bersemedi. Namun akhirnya pertapa tersebut meninggal dunia di dalam gua. Hal tersebut diketahui ketika ada seseorang yang masuk dan melihat tulang belulang yang berserakan dan tulisan mandarin di dalam gua. Hingga akhirnya pantai ini diberi nama Pantai Gua China.
Pantai ini terletak di Desa Sitiarjo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.  Pantai ini terlihat sangat menakjubkan dengan warna airnya yang biru dan jernih, sekaligus dibalut dengan pasir putih yang terasa lembut. Banyak sekali jenis pepohonan yang tumbuh di pinggir pantai.  Keindahan pantai semakin terasa ketika kita melihat keberadaan tiga pulau di tengah-tengah pantai. Tiga pulau tersebut adalah Pulau Bantengan, Pulau Gua China dan Pulau Nyonya.

Seperti namanya, pantai ini mempunyai  sebuah Gua yang mempunyai daya tarik tersendiri. Gua ini terletak di sebelah kanan pantai dan berada di bukit karang. Terlepas dari mitos yang beredar, pantai ini mempunyai fenomena alam yang terbilang langka. Yaitu terjadinya gelombang yang bersimpangan tiga arah, yaitu selatan, timur, dan barat. Karena besarnya ombak, di pantai ini tidak ada perahu nelayan yang bersandar .


Selain itu, kebersihan pantai ini sangat terjaga. Dan pantai ini menyediakan area camping untuk para wisatawan. Namun sayangnya di pantai ini pengunjung tidak diperkenankan berenang, karena selain tempatnya memiliki kedalaman curam ,pantai ini juga mempunyai arus laut yang cukup besar.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support