Senin, 30 Januari 2017

Taman Alam Lumbini Berastagi : Pagoda tertinggi di Indonesia


Berastagi merupakan salah satu kota yang terletak di Sumatera Utara dengan pesona alamnya yang luar biasa. Kota ini terletak di kabupaten Karo yang berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Medan. Ketinggian kota ini mencapai 1.300 meter di atas permukaan laut, dan diapit oleh dua gunung berapi yang masih aktif yakni gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

Berbicara mengenai kota Berastagi, ada salah satu lokasi yang sangat menarik. Yaitu Taman Alam Lumbini Berastagi. Kalian wajib mengunjunginya ketika sedang berada di kota Berastagi. Wisata ini menjadi salah satu destinasi Favorit. Di sini terdapat kuil Budha yang sangat menawan. Lumbini, berdasarkan ajaran Budha merupakan tempat dilahirkannya Siddartha Gautama oleh Ratu Mayadevi sebelum mendapatkan pencerahan beberapa tahun kemudian menjadi Buddha Gautama sekaligus sebagai penemu ajaran Buddha. Lumbini sendiri terletak di Distrik Rupandehi Nepal.

Tidak ada tiket masuk di wisata ini, yang ada hanyalah pengunjung mengisi buku tamu yang ada di depan gerbang masuk. Meskipun gratis, namun tempat wisata ini memiliki fasilitas yang nyaman digunakan. Salah satu yang paling terkenal di tempat ini adalah replika Pagoda Shwedagon yang aslinya terletak di Myanmar. Replika yang ada di Taman Alam Lumbini ini merupakan replika tertinggi kedua di Luar Myanmar dan menjadi Replika tertinggi di Indonesia.


Siapa yang tidak terpukau melihat keindahan pagoda yang bercat emas, ditambah lagi dengan arsitekturnya yang indah. Yang menariknya lagi adalah di puncak pagoda terdapat puluhan lonceng yang berbunyi ketika tertiup angin. Bagi kalian ang beragama budhha, lokasi ini dapat menjadi tempat bersembahyang yang nyaman. Bagi yang bukan beragama buddha juga dapat berfoto di sekitar pagoda dan taman dekat jembatan. Pengunjung tidak diperkenankan memotret makanan dan minuman selama berada di pagoda, tujuannya agar tidak mengganggu umat yang sedang beribadah.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support